Saat mempunyai usaha travel umrah, kepuasan pelanggan adalah salah satu tujuan yang akan dicapai. Jamaah yang merasa puas dengan pelayanan atau produk yang kita jual bisa mendapatkan feedback yang baik, contohnya mereka membuat testimoni, mengajak orang lain menggunakan jasa kita, atau melakukan repeat order.Tentunya, ini menjadi pertimbangan serius bagi pebisnis travel umrah, sehingga Anda bisa memprioritaskan kepuasan pelanggan sebagai salah satu strategi marketing. Daripada Anda membuang waktu, uang dan tenaga untuk mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran, alangkah baiknya Anda berfokus bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Memang strategi ini dampaknya tidak bisa langsung dirasakan oleh perusahaan. Tapi, kepuasan jamaah bisa menjadi salah satu perhitungan kinerja perusahaan, sehingga bisnis biro travel umrah Anda menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat.
Mulai dari yang Sederhana
Kita ambil contoh dari segi pelayanan pelanggan. Setiap pelanggan yang Anda berangkatkan umrah yaitu orang yang unik. Anda perlu memberikan perhatian khusus pada tiap jamaah. Banyaknya jamaah yang Anda handle dalam satu kloter, tidak menjadi alasan untuk memberikan pelayanan yang utama pada tiap jamaah.Justru dengan banyaknya individu yang Anda layani, Anda bisa mengenal berbagai macam karakter manusia. Ada yang jamaahnya simpel, ada yang biasa saja, ada juga yang ribet, suka komplain, dan dari semua itu tentu ada satu dua yang memerlukan perhatian khusus misal jamaah yang mempunyai riwayat penyakit tertentu. Hal ini bisa jadi ajang bagi travel untuk memberikan pelayanan yang adil bagi jamaah. Adil bukan berarti sama rata. Adil yaitu memberikan ukuran yang tepat bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. Yang jelas, pelayanan yang diberikan harus sesuai standar. Ketika ada yang membutuhkan pelayanan lebih, silakan Anda gunakan kesempatan tersebut untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Baca Juga : Bangun Trust, Berikan Pelayanan Terbaik untuk Jamaah Anda
Biarkan Produk/Jasa Anda yang Berbicara
Kualitas produk atau jasa yang Anda hadirkan untuk jamaah sangat berdampak pada kepuasan mereka. Tingkatkan terus kualitas produk dan jasa Anda, sehingga pelanggan tidak kecewa saat menentukan untuk membelinya.Terkadang, kenaikan harga barang dan jasa yang Anda jual tak berpengaruh terlalu besar pada penurunan pembelian, kecuali kualitasnya cocok dengan harganya. Mereka mungkin akan merasa kesal, namun apabila sudah cocok, pasti akan kembali untuk membeli lagi.Dalam bisnis travel umrah, Anda bisa menerapkannya dari segi pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat tanggap merespon pelanggan, kemudahan dalam pembayaran, perbaikan kualitas makanan, hotel dan transportasi, dan hal lain sebagainya yang bisa Anda kembangkan sendiri. Biarkan kualitas produk/jasa yang Anda berikan yang berbicara. Pelanggan yang merasa puas akan senang hati merekomendasikan kepada relasi mereka. Berarti, calon pelanggan Anda akan bertambah dan bisnis Anda akan semakin maju.
Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah
Kritik adalah Sumbangan yang Berguna untuk Usaha Travel Umrah Anda
Pemberi kritik yaitu orang yang peduli terhadap usaha Anda. Mereka yang memiliki kritikan, menginginkan pelayanan Anda lebih baik lagi. Sehingga kedepannya tak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan Anda. Pastinya, kritik yang membangun adalah sumbangan yang harus Anda sikapi dengan perubahan positif bagi travel umrah Anda. Jika setelah dikritik Anda hanya bisa sikapi dengan kata-kata yang buruk, maka Anda melewatkan kesempatan untuk membuat biro travel umrah Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Permudah Transaksi dengan Pelanggan
Percaya atau tidak, semua pelanggan menginginkan hal yang serba mudah. Termasuk ketika ingin membeli paket umrah untuk mengakomodasi kebutuhan ibadah umrah mereka. Tak ada jamaah yang mau mengalami kesulitan ketika ingin mendaftar umrah, membayar biaya umrah, mengurus kelengkapan dokumen, dan kesulitan-kesulitan lainnya yang dapat mereka temukan saat beribadah umrah.Itulah mengapa, Anda harus menghadirkan semua kemudahan tersebut untuk jamaah Anda. Sebagai gantinya, mereka akan membayar jasa dari bisnis travel umrah Anda dengan sejumlah uang, sehingga Anda maupun jamaah membentuk simbiosis mutualisme. Sama-sama untung.
Anda bisa membuat segalanya lebih mudah dengan menggunakan sistem aplikasi yang dibuatkan khusus untuk travel umrah seperti Erahajj. Anda tidak perlu repot lagi, karena semua jenis transaksi yang ada kaitannya dengan umrah dan haji bisa Anda kelola dengan mudah, cepat, dan efisien.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Umrah Pastikan jamaah Anda mendapatkan kemudahan tersebut sehingga kepuasan jamaah terhadap usaha travel umrah Anda semakin meningkat. Selamat mencoba!