Setiap hari tim Anda nampak sangat sibuk, laporan menumpuk, tapi kenapa ya rasanya tidak ada progress yang berarti di bisnis travel umrah & haji Anda? Tim CS Anda memang terlihat sibuk melayani jamaah, tetapi Anda tidak benar-benar mengetahui apa yang dikerjakan, tujuan yang mau dicapai apa, seberapa baik pelayanannya, dll. Itu semua karena Anda tidak memiliki & menggunakan KPI (Key Performance Indicator) pada bisnis Anda, sehingga tidak terukur efektifitas kerja tim Anda.
Sekarang ini banyak bisnis travel umrah dan haji yang berjalan begitu saja tanpa menggunakan ukuran yang jelas. Bukan cuma CS, Anda juga tidak bisa mengukur seberapa efektif pekerjaan tim Sales & Marketing Anda. Divisi lainnya juga demikian, seperti tim keuangan, tim pergudangan, dan tim lapangan (pelaksana pemberangkatan) membutuhkan KPI untuk mengukur performa tim Anda. Tanpa adanya KPI, Anda hanya akan berspekulasi terhadap apa yang terjadi di bisnis travel Anda.
Pentingnya KPI untuk Bisnis Travel Umrah & Haji
KPI (Key Performance Indicator) adalah indikator atau metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja suatu aktivitas bisnis terhadap tujuan strategis yang telah ditetapkan. KPI membantu organisasi mengetahui apakah mereka berada di jalur yang benar untuk mencapai targetnya, atau perlu mengadakan evaluasi & perbaikan.
Menurut Bernard Marr, seorang pakar strategi bisnis & penulis buku “Key Performance Indicators: The 75 Measures Every Manager Needs to Know”, KPI adalah:
"Tools to track progress against strategic goals and objectives."
Harvard Business Review (HBR) menyatakan bahwa:
“KPI tells you whether you’re on track to meet your goals.”
(Sumber: Harvard Business Review – hbr.org)
Jadi, KPI bukan sekedar angka, tapi merupakan kompas kinerja — alat bantu yang menunjukkan apakah suatu unit kerja, proyek, atau bisnis berjalan secara efektif atau tidak.
Contohnya di bisnis travel umrah, Anda bisa mengukur KPI di Sales & Marketing dengan menentukan KPI yang relevan yaitu jumlah paket umrah yang terjual setiap bulannya. Anda harus bisa mengukur efektifitas promosi yang dikerjakan oleh tim marketing, sales internal, dan agen-agen di travel umrah Anda.
Contoh lainnya adalah untuk staff CS/Admin operasional yang melayani jamaah, Anda bisa menentukan KPI berupa berapa waktu rata-rata pelayanan hingga penginputan data pemesanan paket. Anda bisa mengukur efisiensi kerja staff administrasi dengan membuat tolok ukur durasi pelayanan pemesanan, pembayaran, manifest jamaah, pengumpulan dokumen, pemberian perlengkapan, dll.
Nah, kebayang kan? Semuanya dapat Anda ukur sehingga travel umrah Anda bisa dimanajemen dengan baik!
Dampak Negatif Apabila Travel Umrah Tidak Memiliki KPI
Jika di travel umrah haji Anda tidak mempunyai KPI, maka :
- Tidak tahu apakah karyawan perform atau tidak
Sulit menentukan apakah tim sudah bekerja sesuai dengan standar penilaian, bukan asal jalan saja
- Pemborosan waktu & tenaga tak terdeteksi
Pekerjaan yang tidak ada standarnya misal durasi, ketercapaian, dll maka tidak akan bisa dideteksi apabila ada pemborosan waktu dan tenaga. Pekerjaan yang semestinya selesai 1 jam, malah diselesaikan 3 jam lebih!
- Semua kerja terasa “sibuk” tapi hasilnya tidak jelas
Buka tab di laptop sangat banyak, tapi ternyata masih bingung mau mengerjakan apa seharian! Nah, penting untuk menjaga supaya tim Anda tetap pada jalur menuju tujuan utama perusahaan
- Sulit evaluasi dan perbaikan kerja
Tim sulit menerima evaluasi & saran perbaikan kerja dari atasan, karena merasa telah bekerja keras & maksimal. Padahal apabila diukur KPI-nya, kualitas pekerjaannya masih jauh dari kata standar
- Motivasi tim menurun karena tidak ada tolok ukur ketercapaian target
Tim yang sudah bekerja dengan kualitas baik tidak memperoleh apresiasi yang pantas, sedangkan yang kerjanya asal-asalan juga tidak mendapat peringatan atau evaluasi. Ini bisa menyebabkan kecemburuan dan penurunan motivasi karena reward & punishment-nya tidak terukur
Dampak Positif Ketika Travel Umrah & Haji Memiliki KPI
- KPI sebagai kompas kerja: semua orang tahu arah, target, dan cara mencapainya
Jangan buang waktu dan tenaga untuk hal-halhal yang tidak selaras dengan arah & target bisnis Anda!
- Efisiensi meningkat karena hanya fokus pada hal yang berdampak
Rasakan perubahan setelah Anda memiliki dan menerapkan KPI di bisnis travel umrah Anda, kinerja tim Anda makin efisien!
- Penilaian kerja menjadi objektif & berbasis data
Tidak ada lagi penilaian berdasarkan kira-kira, semua terdata dan terukur secara rapi dan dapat dipertanggungjawabkan
- Travel lebih siap tumbuh dan berkembang dengan sistem profesional
Buat bisnis Anda siap melesat dengan penerapan KPI
Webinar Spesial: Belajar Menyusun dan Mengukur KPI untuk Travel Umrah & Haji
Jadi, sudah siap menerapkan KPI di bisnis travel Anda?
Bagi Anda yang masih bingung gimana sih cara menyusun & menggunakan KPI untuk membangun budaya kerja yang terukur agar bisnis travel umrah Anda semakin maju, Erahajj Academy kembali menyelenggarakan webinar eksklusif dengan tema :
Memahami Peran KPI Untuk Membangun Budaya Kerja Terukur
Bagi Travel Umrah & Haji
bersama
Ryan Martian (HR Expert, Business Consultant, & Leadership Coach)
& Baharudin Yusuf (Business Owner Erahajj Group)
Di sini, kita akan berdiskusi tentang :
- Strategi bisnis travel umrah bertumbuh dengan kinerja yang terukur
- Memastikan performa tim sesuai tujuan dan target perusahaan
- Memahami peran KPI agar penilaian terhadap tim tetap objektif
Catat tanggalnya!
Senin, 28 April 2025
13:30 - 15:30 WIB
Live via Zoom dan Youtube
“KPI bukan hanya alat ukur, tapi fondasi bisnis yang sehat dan tumbuh.”
Segera daftarkan diri Anda melalui link berikut ini :
Hubungi CP di bawah ini untuk info webinar selengkapnya!
Contact Person :
0812 9695 2901 (Annisa)