Siapa sangka, persaingan bisnis travel umrah dan haji kini tidak hanya dengan sesama travel umrah saja, melainkan dengan pelanggan atau jamaah sendiri. Ya, sekarang ini banyak jamaah yang menggunakan informasi dari social media untuk berumrah secara mandiri atau sering disebut dengan umrah backpacker.
Umrah mandiri diklaim lebih fleksibel, lebih mudah serta lebih murah. Apalagi bila jamaah sudah terbiasa melakukan perjalanan atau traveling ke banyak negara, tentu info bagaimana mengurus tiket, visa, akomodasi atau hotel, makanan dan handling bandara telah dikuasai. Ada pula yang join grup-grup umrah mandiri, sehingga mereka dapat bertukar informasi seputar umrah mandiri dengan lebih detail serta akurat.
Namun, ditengah-tengah gempuran trend umrah mandiri, travel umrah tak perlu risau untuk memajukan bisnisnya. Apalagi yang baru memulai bisnis, harus bisa beradaptasi & berinovasi agar bisa bersaing bukan hanya dengan bisnis travel umrah yang sudah cukup lama berdiri namun juga dengan trend umrah backpacker.
Kuncinya adalah pada inovasi & mau beradaptasi dengan digitalisasi. Apabila para jamaah umrah mandiri bisa mengakses informasi dengan mudah sehingga dapat mengatur jadwal umrahnya secara fleksibel, maka Anda juga dapat menyediakan kemudahan yang sama. Selain itu, ada beberapa tips lainnya yang akan Erahajj berikan agar travel umrah & haji bisa mengembangkan bisnisnya.
- Hadir Secara Online & Mudah Dihubungi Customer
Sekarang semua lebih mudah dikerjakan secara online. Begitu pula dengan bisnis Anda, harus siap hadir bukan hanya di kantor fisik atau offline, namun juga kantor online.
Jangan sampai website perusahaan Anda tak terurus, apalagi update-nya sudah bertahun-tahun lalu. Bahkan, ada pebisnis travel konvensional yang belum memiliki website! Padahal, sekarang ini eranya sudah serba pakai sistem. Bukan hanya website biasa, namun juga website yang didukung oleh sistem travel umrah terkini supaya lebih mudah mengurus operasional bisnis Anda.
Kami merekomendasikan sistem Erahajj untuk memudahkan pengelolaan bisnis travel umrah Anda, sekaligus tampilan website profesional yang dapat menumbuhkan kepercayaan bagi calon pelanggan.
- Berikan Jadwal Pemberangkatan yang Pasti
Kemudahan umrah mandiri yang membuat jamaah ingin melaksanakan umrah secara mandiri adalah jadwal pemberangkatan yang fleksibel. Jika perusahaan Anda tidak memberikan jadwal pemberangkatan yang pasti, tentu akan membuat bingung calon jamaah yang ingin berumrah sesuai jadwal yang mereka miliki.
Sangat penting bagi travel umrah & haji untuk membuat paket umrah dengan jadwal pemberangkatan pasti (tidak berubah–ubah), sehingga jamaah juga tidak bingung menentukan jadwal mereka. Hal ini dapat Anda terapkan dengan membuat display yang jelas di website Anda mengenai jadwal pemberangkatan umrah.
- Permudah Transaksi & Pembayaran
Zaman digital ini, bertransaksi lebih mudah secara digital juga. Begitu juga dengan pembayaran, jamaah sudah tak mau ribet lagi bawa uang tunai maupun setor tunai ke bank.
Alhamdulillah, di Erahajj Anda bisa menggunakan metode pembayaran Virtual Account (VA) sehingga mempermudah jamaah dalam bertransaksi dan pembayaran. Tak perlu lagi membawa uang tunai & bisa bayar kapan saja di mana saja tanpa harus konfirmasi pembayaran.
- Berikan Penawaran Menarik Pada Paket Umrah
Anda juga dapat berinovasi pada pembuatan paket umrah yang lebih menarik, dengan harga spesial atau fasilitas tambahan yang menarik bagi pelanggan. Pemberian bonus ini bisa mendongkrak minat jamaah berumrah dengan travel Anda.
- Kuasai Social Media untuk Menjangkau Jamaah
Umrah mandiri dipopulerkan oleh influencer di social media. Maka jangan anti terhadap social media, melainkan manfaatkan secara maksimal untuk marketing produk Anda. Kuasai market yang Anda bidik, sehingga Anda bisa lebih tepat dalam menjangkau jamaah yang menjadi target pasar bisnis Anda.
- Mengakomodir Kebutuhan Pelanggan
Kelebihan dari umrah bersama travel adalah kemudahan mengurus segala sesuatunya dibantu oleh travel. Hal inilah yang membuat jamaah bersedia membayar lebih. Dengarkan suara pelanggan, maka Anda dapat mengakomodir kebutuhan pelanggan secara detail, sehingga mereka juga akan merasa puas berumrah bersama travel Anda.
- Evaluasi Pelayanan Travel Secara Berkala
Cara untuk mengembangkan bisnis yang terakhir adalah dengan mengadakan evaluasi pelayanan secara berkala. Anda bisa memberikan kuesioner kepada jamaah yang telah pulang ke tanah air untuk mengetahui pendapat mereka tentang pelayanan travel Anda.
Mungkin saja ada pelayanan dari tour leader, mutawwif, pihak handling, hotel, catering dan sebagainya yang butuh ditingkatkan dan Anda bisa mengetahuinya langsung dari jamaah. Anda juga dapat membuat dan menyebarkan kuesioner melalui aplikasi Erahajj lho!
Nah, itulah 7 tips mengembangkan bisnis travel umrah di tengah gempuran umrah mandiri. Selalu ingat, bahwa peningkatan pelayanan kepada jamaah merupakan hal yang tak bisa ditawar lagi supaya bisa memenangkan persaingan. Jaga kepercayaan serta hadirkan kemudahan & harga bersaing (harga sesuai kualitas layanan) supaya jamaah tetap mempercayakan kepada bisnis Anda. Selamat mencoba!