Kementerian Agama (Kemenag) RI mengusung lagi tema Haji Ramah Lansia pada musim haji 1445 H atau 2024 ini. Sebanyak 45 ribu lebih jamaah haji yang berangkat ke tanah suci tahun ini memasukiusia 65 tahun ke atas. Jemaah haji lanjut usia terbagi atas empat kelompok umur, yaitu :
- 34.420 jemaah pada rentang 66-75 tahun
- 8.435 jemaah pada rentang usia 76-85 tahun
- 1.835 jamaah pada rentangumur 86-95 tahun
- 55 jemaah denganumur lebih dari 95 tahun
Jemaah haji lansia juga dibagi ke dalam 4 kategori, yakni :
- Lansia mandiri
- Lansia penyakit penyerta tapi masih melakukan aktivitas harian secara mandiri
- Lansia yang membutuhkan bantuan orang lain saat beraktivitas di luar
- Lansia yang memerlukan bantuan orang lain saat beraktivitas di dalam maupun luar kamar.
Oleh karena itu, Kemenag mengupayakan 9 hal berikut agar pelayanan haji benar-benar ramah lansia :
- Istitha’ah Kesehatan Lansia
Jemaah haji harus memenuhi istitha’ah kesehatan sebelum melunasi biaya haji
- Petugas Pelayanan Lansia
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memiliki bidang khusus yang melayani jamaah lansia
- Bimsik Lansia
Kurikulum manasik Jamaah haji lansia masuk dalam proses Bimbingan Manasik (Bimsik)
- Pengkloteran
Kloter disusun dengan mempertimbangkan komposisi Jemaah lansia dan non lansia dengan mempertimbangkan tempat duduk di pesawat.
- Menyingkat Seremoni
Lansia harus jadi prioritas. Tahun ini tidak ada lagi pidato berkepanjangan saat seremoni keberangkatan & kedatangan
- Layanan Asrama Haji
Asrama haji dibuat sedemikian rupa sehingga ramah bagi lansia
- Layanan Pemerintah Arab Saudi
Pemerintah Indonesia telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Arab Saudi untuk mewujudkan pelayanan haji ramah lansia, mulai dari akomodasi, transportasi, dll
- Safari Wukuf Khusus
Tahun ini, program safari wukuf lansia & disabilitas kembali disiapkan oleh PPIH Arab Saudi
- Tanazul Lansia
Tanazul dimaksudkan sebagai layanan pulang dini bagi jemaah haji lansia. PPIH menyiapkan skema untuk jadwal kepulangan jemaah haji lansia lebih awal usai puncak haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina)
Kemenag telah mengusahakan pelayanan haji yang lebih baik dari tahun ke tahun, dengan berfokus pada pelayanan yang prima baik bagi jamaah haji pada umumnya maupun jemaah haji lansia. Belajar dari musim haji sebelumnya, tindakan Kemenag ini patut diapresiasi.
Sebagai pebisnis travel umrah dan haji, Anda juga bisa berpartisipasi memberikan pelayanan yang maksimal bagi jamaah haji. Prioritaskan jamaah lansia, karena mereka yang sudah berusia lanjut ini memang membutuhkan ekstra pelayanan dan juga kesabaran sehingga bisa menunaikan ibadah haji maupun umrahnya semakin maksimal.
Tingkatkan pelayanan Anda dengan menggunakan sistem yang tepat untuk travel Anda. Erahajj berkomitmen untuk membantu bisnis Anda agar kian berkembang, dengan dukungan teknologi yang tepat untuk bisnis travel Anda!