Bagi Anda yang berbisnis travel umrah, tentunya ingin menaikkan penjualan Anda agar usaha Anda kian membesar. Alih-alih menggunakan strategi marketing yang tepat, Anda justru berjualan secara asal-asalan sehingga jualannya sekadar berjualan tanpa ada goals yang jelas.
Ini sering terjadi pada bisnis yang tak menerapkan konsep pembelajaran pada setiap proses bisnisnya. Idealnya, setiap tim terutama tim marketing harus meng-upgrade ilmu jualannya agar ketika menjalankan tugasnya untuk menjual paket umrah mereka paham apa yang mereka kerjakan dengan baik. Kuncinya ada pada mindset yang ada pada tim tersebut.
Contohnya dalam customer journey atau marketing funnel ada lima tahapan yang harus dilalui agar proses marketing berjalan & berubah menjadi sistem yang berkelanjutan. Perjalanan dalam closing pelanggan baru hingga menjadi pelanggan setia harus dijalankan dengan cermat supaya pada akhirnya proses marketingnya dapat berjalan secara otomatis.
Oleh karena itu, penting untuk memahami dan mempelajari 5 tahapan marketing funnel berikut ini, agar jualan paket umrah di bisnis Anda tidak jalan ditempat. Bagaimana, siap untuk mengubah cara berjualan Anda? Yuk kita simak tips selengkapnya dalam artikel berikut ini!
Lima Tahapan Marketing Funnel untuk Meningkatkan Penjualan
- Awareness (Perkenalan)
Pada tahap pertama ini, mari kita anggap customer belum mengenal brand Anda. Fokus untuk memperkenalkan brand yang Anda miliki, value apa yang bisa Anda berikan kepada mereka, sehingga customer harus membeli dari perusahaan Anda.
Iklan yang Anda buat tidak ditujukan untuk membuat mereka membeli, apalagi memaksa mereka membeli. Goal-nya adalah calon pelanggan mengenal brand Anda dengan baik, sehingga ketika mereka membutuhkan produk yang Anda jual mereka akan teringat dengan brand Anda.
Di tahapan ini, tak perlu memberikan diskon kepada pelanggan yang baru akan membeli produk Anda karena yang terpenting adalah membuat brand Anda melekat di benak customer Anda.
- Consideration (Mulai Tertarik)
Customer Anda mulai mengenal dan mulai tertarik dengan brand Anda. Ini ditandai dengan mereka rajin bertanya kepada CS Anda untuk meyakinkan diri mereka apakah ingin membeli produk yang Anda tawarkan.
Sebagai travel umrah, fokuslah untuk mengedukasi jamaah Anda apa benefit yang bisa mereka dapatkan jika memilih bisnis Anda sebagai partner untuk berumrah.
- Conversion (Konversi)
Jamaah yang sudah mendapat informasi yang cukup, akan melakukan pembelian di bisnis Anda. Tugas tim Anda adalah mempertahankan pelayanan supaya tetap prima, sehingga Anda dapat menjaga kualitas yang Anda punya. Layanan purna jual yang baik akan membuat jamaah Anda merasa nyaman & merasa tidak salah pilih.
Berikan pengalaman pengguna yang baik, sehingga jamaah Anda memiliki pengalaman umrah yang lancar, aman & nyaman bersama travel umrah Anda. Hal ini akan membuat mereka tak segan memberikan testimoni yang baik untuk bahan promosi Anda selanjutnya.
- Loyalty (Loyalitas)
Pelanggan yang sudah memiliki pengalaman yang baik dengan bisnis Anda tentu akan mengingat Anda kapanpun mereka ingin berumrah lagi. Mereka juga akan melakukan pembelian ulang, apabila ada kerabat atau rekan yang ingin berumrah.
Jaga kesetiaan pelanggan dengan memberi benefit-benefit khusus jika mereka ingin menggunakan jasa travel Anda kembali. Tawarkan juga benefit apabila mereka mau menjadi pelanggan setia di travel Anda.
- Advocacy (Rekomendasi dari Customer)
Puncak dari semua kegiatan marketing yang sudah Anda jalankan di atas adalah pelanggan Anda mau memberi rekomendasi kepada calon pelanggan yang lain untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Bahkan mereka mau memberikannya dengan sukarela, sehingga Anda dapat menjual dengan lebih cepat & tersistem.
Bila Anda berhasil melewati tahap terakhir ini, akan sangat mempermudah tim marketing Anda untuk mencapai target sales. Anda pun dapat berfokus untuk mempertahankan reputasi yang sudah Anda bangun sehingga bisnis Anda makin terpercaya.
Nah, itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk Anda agar aktivitas marketing di travel Anda tidak hanya sekadar berjualan. Fokus untuk membangun kepercayaan terhadap brand Anda, selalu berikan value atau nilai lebih kepada pelanggan, dan tingkatkan pelayanan di bisnis Anda dengan menghadirkan yang terbaik bagi pelanggan Anda.
Bagi Anda yang ingin memperkuat marketing di bisnis Anda, cobalah dengan mulai transformasi digital untuk bisnis travel Anda. Bisnis yang sudah terdigitalisasi, akan lebih mudah dan cepat untuk berkembang karena dapat bersaing untuk memenuhi permintaan pasar. Jika Anda masih bertahan dengan cara manual, banyak waktu dan kesempatan yang akan terbuang sehingga bisnis travel Anda pun akan jalan di tempat.
Segera gunakan sistem manajemen travel umrah terlengkap & terintegrasi Erahajj untuk bantu bisnis Anda naik kelas!