Setiap pengusaha mempunyai formula untuk membuat bisnisnya semakin berkembang dan sukses. Tak terkecuali pada bisnis travel umrah. Anda dapat membuat bisnis Anda menjadi sukses dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan empati kepada jamaah atau pelanggan Anda.
Sebelum menciptakan sebuah produk atau layanan, kita harus dapat menempatkan diri menjadi konsumen, untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen kita. Cobalah untuk berdiri di atas “sepatu” pelanggan, maka Anda akan menemukan berbagai celah yang dapat Anda isi supaya bisa menghadirkan solusi bagi permasalahan customer Anda.
Bagaimana empati dapat menjadi titik awal kesuksesan bisnis Anda? Simak lebih lengkapnya dalam artikel berikut ini!
Pertama, lihat dari sudut pandang konsumen. Sebagai pebisnis biasanya kita hanya memandang dari sudut pandang bisnis saja. Bagaimana mendapatkan profit yang lebih banyak dengan modal yang sedikit. Padahal, bila kita mau merasakan sejenak bagaimana bila kita berada di sisi customer, kita akan memiliki jauh lebih banyak referensi supaya dapat menghadirkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan kita.
Misalnya di travel umrah, Anda dapat menempatkan diri menjadi jamaah umrah yang ingin berumarah dengan tenang & khusyu. Pastinya, Anda ingin pengurusan administrasi bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Barang perlengkapan diberikan sesuai dengan kebutuhan, serta mendapatkan pembimbing umrah yang berpengalaman.
Hal ini akan mudah diwujudkan jika bisnis Anda sudah didukung dengan teknologi yang maju, sehingga pelayanan administrasi dapat lebih mudah & cepat. Penyerahan perlengkapan pun terorganisir dengan baik, sehingga pelanggan Anda tak takut tidak kebagian perlengkapan maupun kendala teknis lainnya.
Kedua, empati menumbuhkan totalitas. Anda yang bisa berempati kepada pelanggan Anda tentu akan all out dalam menghadirkan pelayanan. Anda sendiri sebagai jamaah tentu ingin dilayani dengan sepenuh hati tanpa membeda-bedakan customer. Jika terlayani dengan baik, pelanggan akan merasa nyaman beribadah umrah bersama travel Anda & akan menghasilkan repeat order karena jamaah merasa puas. Mereka akan merekomendasikan bisnis Anda kepada calon pelanggan lain dengan senang hati berkat totalitas pelayanan yang Anda hadirkan.
Ketiga, menghadirkan formula paling pas. Saat membuat paket umrah, Anda tentu mempertimbangkan berbagai hal, sehingga Anda dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan. Anda juga bisa membuat harga yang pantas bagi jamaah, memastikan apa yang mereka terima sesuai dengan apa yang mereka bayar. Tanpa empati kepada pelanggan, maka bisnis Anda mungkin hanya berorientasi kepada keuntungan bisnis tanpa mempertimbangkan hak-hak pelanggan Anda.
Demikian tips supaya bisnis Anda semakin berkembang dan sukses dengan mengedepankan empati kepada pelanggan Anda. Jika ingin bisnis Anda lebih maju, jangan ragu untuk menggunakan Erahajj yang bisa membuat manajemen bisnis Anda lebih rapi. Anda pun dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah Anda! Selamat mencoba!