Jelang akhir tahun, biasanya para pebisnis sudah mulai untuk melakukan evaluasi tahunan. Baik dari sisi kinerja karyawan, maupun keuangan mereka. Sehingga, tim menjadi lebih sibuk untuk mempersiapkan data-data yang dibutuhkan guna mengevaluasi kinerja perusahaan bisnisnya.
Namun, ada pula yang masih bingung hanya sekedar menyiapkan data yang dibutuhkan. Sebab, bisnisnya masih menggunakan cara manual yang mengakibatkan datanya serba manual & tidak rapi. Jika travel Anda masih begini, Anda perlu waspada, karena Anda tidak akan bisa mengevaluasi perusahaan secara menyeluruh bila administrasi serta keuangan perusahaan Anda pencatatannya tidak rapi,
Lalu, apa saja sih hal-hal yang harus disiapkan travel menjelang akhir tahun? Setidaknya ada 3 hal yang harus Anda siapkan. Yuk, simak selengkapnya pada artikel berikut!
Data Administrasi yang Rapi
Data administrasi merupakan hal yang krusial karena dari data inilah Anda dapat mengetahui performa perusahaan. Bukan cuma itu, kinerja karyawan Anda seperti sales juga mengacu pada data penjualan yang rapi.
Anda bisa mengevaluasi apakah paket umrah yang Anda jual bisa bersaing dengan travel kompetitor, atau justru masih kalah dengan kompetitor. Anda juga dapat mengevaluasi pemberangkatan untuk mengetahui apa saja yang bisa Anda improvisasi dari pelayanan travel umrah Anda.
Data administrasi atau data penjualan dan data pemberangkatan yang rapi bisa Anda peroleh jika Anda memakai sistem manajemen travel umrah, supaya Anda tidak bingung seperti saat menerapkan cara manual menggunakan kertas maupun file Excel.
Data Akuntansi Keuangan yang Rapi
Selain data administrasi, salah satu data yang Anda butuhkan adalah data keuangan. Anda dapat mengolah laporan keuangan secara akurat apabila Anda memiliki data keuangan yang rapi. Semakin detail data yang Anda punyai, semakin bagus dan akurat pula laporan keuangan yang dihasilkan.
Hadirkan data keuangan yang rapi dengan sistem pencatatan digital memakai sistem keuangan yang sesuai dengan kaidah akuntansi. Sehingga, pencatatan keuangan Anda menjadi lebih mudah, dan bisnis Anda dapat dipantau dengan melihat laporan keuangan bulanan serta tahunan.
Bayangkan jika semua masih manual, betapa banyak tugas yang harus tim Anda kerjakan di akhir tahun. Nah, sudah tahu kan perbandingannya, mengapa travel harus segera berpindah ke pencatatan digital yang terintegrasi, tak lain supaya Anda bisa lebih cepat & mudah dalam menyusun laporan keuangan di akhir tahun.
Laporan Keuangan
Setelah punya data keuangan yang rapi, Anda dapat memproses laporan keuangan tahunan yang lengkap dan akurat. Dalam pembuatan laporan keuangan untuk bisnis travel, ada cara yang lebih mudah daripada membuatnya satu per satu yaitu dengan menggunakan sistem terintegrasi, yang bisa menghasilkan laporan keuangan secara otomatis.
Jadi makin ringan, bukan, tugas tim travel Anda?
Nah, dari pemaparan di atas, sudah tentu travel umrah yang mau berkembang akan segera beradaptasi dengan sistem digital untuk pengelolaan travelnya. Jangan sampai terlambat, kesuksesan Anda dimulai dari keputusan Anda hari ini untuk berlangganan sistem digital travel supaya travel Anda semakin maju.
Jangan sampai akhir tahun depan, Anda masih berada pada kondisi yang sama ya! Segera aktifkan sistem manajemen travel terintegrasi sekarang juga!