Sosial Media untuk Promosi - Promosi produk dan jasa saat ini lebih mudah dengan memanfaatkan sosial media. Dengan menggunakan sosial media dan dengan dukungan jangkauan internet yang makin luas, masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi tentang bisnis travel umrah Anda.Ada beberapa aplikasi sosial media yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk paket umrah Anda, antara lain facebook, instagram, twitter, dan youtube. Setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda, Anda dapat mengatur postingan iklan Anda sesuai dengan karakteristik tersebut.
Apakah Kita Bisa Berjualan di Sosial Media?
Seperti yang sudah kita ketahui, sosial media merupakan aplikasi yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain baik itu keluarga, kerabat, teman, sesama alumni, rekan kerja, kenalan, dan sebagainya. Umumnya, orang membuat sosial media agar bisa berinteraksi dengan teman. Jarang orang yang sengaja ingin membeli sesuatu di media sosial. Apabila ada, mereka biasanya membeli ke rekan yang mereka kenal, sebatas membeli karena mereka tahu rekan mereka memasarkan produk yang mereka inginkan.Bahkan, orang-orang di media sosial cenderung enggan melihat iklan. Mereka akan melewati begitu saja iklan yang tampil di newsfeed mereka, kecuali teknik beriklan yang diterapkan penjual tidak terasa seperti iklan. Hal inilah yang kerap disebut dengan iklan tersembunyi. Nah, sebab orang tidak suka melihat orang berjualan di media sosial, bagaimana bisa kita berpromosi produk kita kepada calon konsumen? Pastinya, kita harus mempunyai kiat-kiat beriklan yang baik di sosial media.
Teknik Promosi di Sosial Media
Berpromosi di sosial media sebetulnya mudah. Kita harus pandai-pandai dalam membuat postingan di sosial media, kemudian tingkatkan interaksi kita dengan teman atau followers kita sehinggsupaya mereka bisa terus terhubung dengan kita. Algoritma sosial media umumnya terus berubah, sehingga Anda harus tetap terhubung dengan teman dan followers Anda dengan cara terus berinteraksi dengan mereka melalui like, comment and share.Pertama, kita coba membahas media sosial yang populer digunakan untuk promosi yaitu Facebook. Anda harus membuat sebuah akun facebook, selanjutnya carilah konsumen yang Anda targetkan untuk menjadi pelanggan bisnis travel umrah Anda. Anda dapat membuat postingan facebook berupa tulisan, gambar, dan video untuk mencuri perhatian pengguna facebook yang menjadi teman Anda. Perlu dicatat, Anda tidak boleh beriklan terlalu sering. Sebab, jika Anda hanya mengunggah tentang jualan Anda, maka teman Anda akan jenuh. Bahkan bisa mereka meng-unfriend akun Anda. Sebisa mungkin, buatlah postingan yang natural. Anda dapat menggunakan gaya bahasa bercerita, semisal saat menceritakan bagaimana proses umrah yang biasanya dilakukan oleh travel umrah Anda. Pakailah bahasa yang ringan, dengan diselingi iklan soft selling.Baca Juga: Tips Ampun Menaikkan Penjualan Paket Umrah dengan Iklan Soft SellingKedua, Anda dapat menggunakan media sosial instagram untuk media promosi Anda. Anda bisa mengunggah konten berupa gambar dan video yang menarik dan kreatif. Karena di instagram mengedepankan kualitas gambar yang keren, maka upayakan hanya mengunggah gambar yang benar-benar bagus.
Buatlah postingan yang menarik followers untuk aktif memberikan love, dan komen. Anda dapat sewaktu-waktu membuat giveaway, atau menggunakan metode OLOC (one like one comment), untuk meningkatkan performa instagram Anda. Umumnya ada kelompok atau grup yang mewadahi kegiatan OLOC ini.
Tampilkan Testimoni Jamaah
Untuk menambahkan kepercayaan konsumen di media sosial, Anda bisa membuat satu album khusus testimoni jamaah yang Anda kumpulkan dari jamaah yang sudah Anda berangkatkan. Anda dapat meminta testimoni tersebut pada jamaah Anda, kemudian Anda share di media sosial Anda sebagai bukti bahwa bisnis Anda tidak abal-abal. Bila menggunakan instagram, Anda dapat membuat akun khusus untuk menampilkan testimoni jamaah Anda, supaya tampilan feeds instagram Anda tetap rapi.
Hindari Hal ini dalam Menggunakan Sosial Media untuk Promosi Bisnis
Dalam berpromosi di media sosial, sebaiknya hindari menawarkan dengan iklan yang bombastis atau melebih-lebihkan. Tulislah dengan jujur dan pakailah kata-kata yang sopan serta bernilai. Terlebih bila yang Anda promosikan merupakan paket ibadah umrah. Tentunya, materi promosi Anda juga mesti sesuai dengan apa yang Anda pasarkan.Baca Juga : SEO Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Paket UmrahSeperti yang kita ulas di awal tadi, tujuan berpromosi di sosial media ialah untuk menaikkan popularitas kita di hati pelanggan. Jangan mengharapkan langsung closing kala beriklan di sosial media. Namun arahkan ke corong-corong penjualan yang sudah Anda persiapkan, semisal melalui jalur pribadi whatsapp atau email. Nah, demikian tips menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis travel umrah Anda. Bila Anda ingin lebih efisien dalam mengelola travel umrah Anda, silahkan mencoba software khusus travel umrah yang lengkap dan efisien dari Erahajj. Percayalah, Anda akan lebih mudah dalam mengelola perusahaan biro travel umrah Anda.