Metode Eksperiental Marketing - Sebagai seorang pebisnis, Anda tentunya selalu ingin meningkatkan minat pelanggan terhadap produk yang Anda jual. Sebagai langkah nyata, Anda akan mencari cara-cara pemasaran terbaru yang inovatif. Salah satu teknik pemasaran yang harus Anda coba ialah metode eksperiental marketing. Teknik pemasaran yang dipopulerkan oleh Bernd H.Schmit ini menekankan pada sisi emosional pelanggan. Schmit menuliskannya dalam buku "Experiental Marketing : How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands".
Jadi, kita bisa membuat konsumen jatuh hati pada perusahaan kita, menggunakan produk-produk yang kita tawarkan, serta menjadi pelanggan yang setia dengan melalui pendekatan emosional berbasis pengalaman. Bagaimana cara menggunakan teknik eksperiental marketing ini? Jawabannya akan kami bahas secara mendalam pada artikel berikut ini.
Memahami Metode Eksperiental Marketing
Menurut asal katanya yaitu experience atau pengalaman, eksperiental marketing artinya memaksimalkan pengalaman konsumen untuk berinteraksi dengan produk kita. Jadi, kita menawarkan pengalaman emosi yang dapat membuat hati konsumen tersentuh dengan produk yang kita tawarkan. Pengalaman emosional tersebut dapat berupa rasa keterikatan dan rasa memiliki yang dalam, karena konsumen mendapatkan sesuatu yang ia harapkan ada pada produk tersebut.
Membahas mengenai pengalaman, konsumen akan merasa terlibat dengan suatu produk apabila mereka bisa menyentuh, mendengar, melihat. Bisa juga dengan merasakan rasa serta mencium aroma dari produk tersebut. Hal ini berlaku untuk produk fisik, dimana pelanggan bisa sepenuhnya mengindera produk yang Anda tawarkan. Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umroh Bagaimana dengan produk atau jasa yang bersifat digital? Untuk produk digital, maka pengalaman menggunakan produk tersebut dalam bentuk trial atau uji coba dapat dipergunakan sebagai metode eksperiental marketing.
Karakteristik Eksperiental Marketing
Karakteristik yang bisa kita cermati dalam eksperiental marketing adalah sebagai berikut:
- Pengalaman pelanggan ialah yang utama. Sesuatu yang bisa diindera oleh konsumen, baik dengan mata, telinga, hidung, dan hati mereka, akan menimbulkan emosional dan perilaku positif pelanggan terhadap produk tersebut.
- Membentuk pola konsumsi. Setiap mengonsumsi atau menggunakan suatu produk konsumen merasakan pengalaman, maka hal itu akan membentuk pola konsumsi yang akan membuat konsumen loyal terhadap suatu produk.
- Keputusan cenderung irrasional. Eksperiental marketing menimbulkan keputusan yang tidak rasional, lantaran ketika sisi emosional konsumen berhasil disentuh, maka pelanggan membeli bukan lagi tentang hal-hal teknis. Perilaku konsumen pun jadi irrasional, terkadang harga mahal bukan jadi masalah.
Fungsi Eksperimental Marketing
Lalu, apa saja fungsi dari eksperimental marketing? Ada beberapa fungsi yang bisa kita gunakan dari metode ini, diantaranya:
- Pencitraan produk/perusahaan
- Membangkitkan brand awareness
- Menonjolkan keunggulan produk dibanding pesaing
- Mengenalkan inovasi baru
- Mendukung konsumen untuk uji coba produk (trial product), pembelian (purchase), dan membangun loyalitas konsumen (loyalty).
Penerapan Eksperiental Marketing untuk Usaha Travel Umrah
Metode marketing apapun akan efektif bila dilakukan secara tepat dan konsisten. Anda dapat mulai menerapkan teknik eksperimental ini dengan cara memberikan simulasi umrah kepada calon jamaah Anda. Simulasi ini akrab disebut dengan latihan manasik. Bisa juga dengan mengadakan seminar atau pelatihan terkait umrah. Anda bisa memaparkan kepada calon jamaah terkait nilai ibadah umrah. Apa yang bisa mereka rasakan, kala melakukan ibadah umrah tersebut.
Ciptakan suasana yang mewakili keindahan dan kenikmatan ibadah umrah, semisal dengan memutar video-video yang relevan dengan kegiatan ibadah umrah. Memberikan materi atau kajian mengenai umrah, berbagi kisah atau testimonial tentang umrah yang menyentuh, dan sebagainya. Untuk penunjang, Anda bisa membuat konten-konten yang bermanfaat seperti tulisan artikel blog, foto-foto, quotes, video dan lainnya yang berkaitan dengan umrah. Upayakan untuk menyusun materi promosi yang benar-benar menyentuh hati, sehingga upaya untuk menghadirkan pengalaman berumrah yang mengesankan dapat tercapai.Baca Juga : Kapan Usaha Travel Umroh Anda Memerlukan Software Khusus?Itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan dalam rangka menerapkan metode eksperiental marketing untuk travel umrah Anda. Bila Anda ingin menghadirkan pengalaman yang menyenangkan bagi para jamaah Anda, cobalah untuk memberikan pengalaman lebih mudah (dan menyenangkan kepada jamaah Anda untuk mengakses materi promosi yang Anda siapkan menggunakan software khusus travel umrah yang kami desain khusus untuk Anda.