Menerapkan pendekatan emosional untuk pemasaran bisnis travel umrah kini dapat dilakukan dengan cara menggunakan psikologi marketing. Apa sih, sebenarnya psikologi marketing itu?
Mendalami Psikologi Marketing
Psikologi marketing ialah pemahaman mengenai bermacam-macam motif yang mempengaruhi emosi pelanggan dan pasar pada umumnya untuk memberikan pandangan terhadap suatu produk dan jasa yang ditawarkan oleh penjual. Anda bisa memberikan suatu tindakan yang tepat untuk pelanggan Anda dengan cara mempelajari apa saja yang bisa menyentuh emosi mereka untuk membeli produk Anda.Psikologi marketing ini juga bisa digunakan sebagai strategi pemasaran usaha travel umrah Anda. Sebagai pebisnis travel umrah, Anda perlu menjadi leader dan juga mempersiapkan tim yang dapat mendukung strategi pemasaran menggunakan metode psikologi marketing ini.
Konsep Psikologi Marketing
Secara umum, menurut Dr. Robert Cialdini dalam bukunya yang berjudul Influence : The Psychology of Persuation, konsep strategi marketing adalah sebagai berikut:
- Timbal balik. Dalam hubungan intrapersonal, seseorang akan melakukan hal yang sama dengan apa yang ia terima dari orang lain. Kita biasanya bertindak sesuai dengan perlakuan yang kita peroleh dari orang lain. Layani jamaah dengan baik, maka Anda akan mendapatkan feedback yang baik dari jamaah Anda.
- Komitmen. Setiap jamaah tentu menginginkan bekerjasama dengan travel umrah yang jujur, terpercaya, dan profesional. Intinya, jangan suka mengumbar janji bila tidak dapat memenuhi. Menjaga komitmen sangat penting untuk mendapat kepercayaan jamaah Anda.
- Jaga wibawa. Biasanya, seseorang akan mematuhi orang yang ia jadikan figur ideal. Anda bisa menerapkannya dengan selalu menjaga wibawa Anda sebagai pemilik bisnis, sehingga timbul rasa segan atau sungkan dari para pelanggan kepada Anda. Nilai tambahnya, Anda bisa mengajak pelanggan membeli produk Anda lebih mudah jika Anda punya otoritas untuk memberikan saran dan informasi.
- Jadilah terkenal. Jaga reputasi bisnis travel umrah Anda sedemikan rupa sehingga pelanggan Anda akan membicarakan sisi positif dari brand Anda. Rekomendasi inilah yang biasanya bisa menghasilkan penjualan lebih banyak dari yang Anda duga, tanpa Anda harus berusaha keras untuk melakukan promosi.
Penerapan Psikologi Marketing Untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah
Setelah memahami mengenai psikologi marketing, saatnya kita bahas terkait penerapan psikologi marketing untuk pemasaran bisnis travel umrah.
Pahami Tipe Pelanggan Anda
Ada beberapa tipe pelanggan yang Anda perlakukan sesuai dengan karakter mereka. Pertama, ada jamaah yang sangat perhitungan. Mereka umumnya merupakan golongan orang yang tidak mau membuang uang hanya untuk mendapatkan pelayanan standar. Memberikan promo harga murah dan diskon bisa jadi senjata ampuh untuk menggarap tipe jamaah yang satu ini.Kedua, jamaah yang royal dalam berbelanja. Bila Anda menemukan pelanggan dengan tipe ini, Anda bisa menjual paket-paket umrah premium, sebab mereka tak akan menyesal mengeluarkan uang dalam jumlah banyak asalkan pelayanan Anda maksimal. Ketiga, pelanggan yang berada di tengah-tengah. Mereka kadang berpikir rasional untuk mengeluarkan uang, namun jika sudah cocok, mereka akan rela membayar meski harganya mahal. Garansi uang kembali, jaminan kepuasan, cashback jika tidak janji, adalah kata-kata promosi yang cocok untuk mereka.
Sentuh Sisi Emosional Jamaah
Menurut para pakar neuroscience, emosi merupakan hal utama yang mempengaruhi pembelian. Maka, Anda harus bisa menemukan sisi emosional calon jamaah Anda. Kemudian, Anda bisa menggunakan pendekatan emosional tersebut untuk menghasilkan penjualan.
Contohnya, daripada membahas tentang harga, cobalah untuk mengedukasi jamaah apa saja keuntungan yang mereka dapatkan dari paket umrah yang Anda punya. Bisa juga Anda menggunakan "umrah bareng seleb/ustad yang berpengaruh" agar membuat jamaah Anda merasa perlu mengikuti paket tour umrah tersebut. Nilai tambah yang Anda tawarkan bisa membangkitkan emosi jamaah, sehingga mereka mau membeli tanpa melihat harga yang Anda banderol.
Mainkan Adrenalin Pelanggan
Orang biasanya akan bertindak tidak rasional waktu mendekati last minute. Membuat promo terbatas waktu merupakan cara ampuh untuk memainkan adrenalin jamaah. Buatlah mereka "takut ketinggalan" jika tidak segera melakukan pemesanan paket umrah promo tersebut.
Psikologi Respirokal
Cara kerja psikologi respirokal ialah sebagai berikut: bila kita diberi sesuatu, maka kita akan sulit menolak tawaran untuk kedua kalinya. Misalnya ketika jamaah datang untuk mencari informasi tentang paket umrah ke kantor Anda, berilah gimmick berupa makan siang gratis, snack/minuman ringan, merchandise, atau yang lainnya. Pemberian cuma-cuma ini akan membuat calon jamaah merasa harus untuk membalas yaitu dengan membeli paket umrah Anda di saat mereka memutuskan akan membeli, alih-alih menggunakan jasa biro travel umrah yang lain.Anda bisa menambahkan pemberian berikutnya misalnya saat jamaah mendaftar, Anda berikan voucher diskon yang dapat dibagikan kepada keluarga/sanak famili mereka yang juga ingin berangkat umrah. Berapapun yang Anda berikan tidak masalah, mereka akan menghargai pemberian Anda. Nah, itulah teknik psikologi marketing yang bisa membuat pemasaran bisnis travel umrah Anda semakin berkembang. Anda juga bisa meningkatkan pemasaran Anda dengan menggunakan sistem aplikasi terintegrasi khusus travel umrah, yang dapat mendukung usaha Anda lebih maju. Semoga bermanfaat.