Brand Awareness merupakan sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang artinya ialah seberapa besar tingkat kesadaran pelanggan terhadap suatu produk. Strategi ini bisa dilakukan untuk produk baru atau menghidupkan kembali suatu merk yang pernah ada, dengan jalan mempromosikan secara gencar brand tersebut.

Kini, konsumen lebih aktif mengakses platform media sosial dibandingkan media massa konvensional seperti koran atau televisi. Tapi, bukan berarti media konvensional tidak dapat dipakai, karena bisa jadi target market Anda ada pada posisi tidak mengakses media sosial apapun.
Contoh saja untuk perusahaan travel umrah, selain menyasar milenial di media sosial, target pasar produk umrah Anda bisa saja merupakan golongan usia dewasa atau tua yang hanya mengakses informasi melalui media massa konvensional.
Pentingnya Membangun Brand Awareness
Sebelum bicara strategi membengun brand awareness, Anda harus memahami terlebih dahulu apa pentingnya membangun brand awareness bagi perusahaan travel umrah Anda.

Pertama, brand awareness bisa digunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen, sehingga mereka mengenali produk Anda meskipun mungkin mereka baru pertama kali mengetahui atau melihat merk Anda. Sasaran utamanya ialah pelanggan baru yang belum pernah bertransaksi dengan perusahaan Anda.
Kedua, brand awareness bisa menarik konsumen lama Anda untuk melakukan repeat order dari produk yang Anda pasarkan. Bisa juga membuat mereka membeli paket terbaru yang Anda punya, sehingga mereka tahu bahwa bisnis Anda berkembang serta mempunyai inovasi baru.
Ketiga, brand awareness juga bisa digunakan untuk mengukur kinerja sebuah merk.
Nah, dengan demikian, berinvestasi untuk membangun brand awareness merupakan langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan bisnis travel umrah Anda. Anda dapat membangun brand awareness dengan meningkatkan performa perusahaan Anda dengan sistem aplikasi umrah terbaik.
Strategi Membangun Brand Awareness
Berikut ini beberapa cara praktis untuk membangun brand awareness bisnis travel umrah Anda.
Menggunakan Hard Selling di Media Massa
Seperti yang sudah dibahas di awal tulisan, menggunakan iklan konvensional di media massa mempunyai kelebihan tersendiri yakni bisa menjangkau kalangan atau target market tertentu yang tidak menggunakan media sosial masa kini.

Apalagi untuk produk seperti paket umrah, target pasar yang mengonsumsi konten di media massa konvensional seperti televisi, radio, koran, brosur, baliho, dan sebagainya masih terbilang cukup hijau. Anda dapat menganggarkan biaya iklan sesuai budget yang Anda miliki.
Mengunggah Konten yang Relevan di Media Sosial
Untuk target pasar baby boomers dan milenial, Anda bisa menggunakan pendekatan brand awareness dengan bantuan media sosial. Target market di kalangan milenial cukup luas, sehingga Anda bisa memperoleh pelanggan baru dengan melakukan branding di media sosial dan media chatting seperti instagram, facebook page, twitter, youtube, whatsapp, LINE, dll.
Anda dapat melakukan pemasaran dengan menonjolkan konten yang relevan dan mudah diingat oleh calon konsumen Anda seperti gambar, artikel tips, konten how to di youtube, dan lainnya.
Soft Selling pada Content Marketing
Membagikan konten yang bersifat hiburan, tips bermanfaat, kisah menggugah, bahkan kisah viral bisa menjadi senjata. Mereka akan sukarela menonton sajian Anda dan tanpa sadar mereka akan terpapar brand Anda. Penggunaan soft selling sangat disarankan agar konsumen tidak merasa sedang menonton iklan.
Adakan Event
Mengadakan event merupakan salah satu cara lain yang bisa ditempuh. Orang menyukai kegiatan atau acara yang mempunyai nilai tambah untuk mereka seperti seminar, workshop, bazaar, lomba, dan lainnya. Anda dapat menjadi sponsor tunggal, sponsor utama agar brand travel umroh anda semakin dikenal.
Kolaborasi dengan Stakeholder
Anda dapat menggandeng para stakeholders untuk mengadakan pengenalan brand secara bersama-sama. Keuntungannya, upaya Anda akan tampak lebih profesional jika rekanan Anda sudah mempunyai tempat di hati konsumen. Misalnya, menggandeng maskapai dan hotel ternama, dapat menaikkan brand awareness usaha Anda secara signifikan.

Pemberian Merchandise dan Giveaway
Teknik yang cukup sederhana untuk ditempuh guna membangun brand awareness ialah dengan memberikan merchandise seperti mug, jam dinding, payung, tas, dan benda-benda lainnya bertuliskan brand Anda. Anda juga bisa menerapkan penggunaan warna yang konsisten supaya brand identity Anda semakin dikenal.
Selain merchandise, giveaway juga dapat menjadi pemikat pelanggan untuk lebih menyadari keberadaan brand travel umrah Anda. Adakan giveaway secara rutin misalnya setiap minggu atau setiap bulan di waktu yang sama agar brand Anda lebih dikenal dan diharapkan keberadaannya.
Nah, itulah beberapa strategi membangun brand awareness yang bisa Anda terapkan di perusahaan travel umrah Anda. Anda bisa mengukur kesuksesan strategi promosi yang anda lakukan dengan melihat traffic website, engagement di media sosial, dan anggapan orang terhadap brand Anda.
Semakin tinggi tingkat keberhasilannya, maka peluang untuk menjual produk Anda akan terbuka lebih lebar. Selamat mencoba!