Yuk, pandai kelola bisnis travel umrah!
Baru-baru ini, kasus penipuan calon jamaah umrah PT Damtour sedang hangat dibicarakan di media massa. Kasus penipuan yang merugikan calon jamaah hingga milyaran rupiah tersebut cukup mengambil perhatian.
Pasalnya, hanya bermodal promo umrah murah, calon jamaah dengan mudah tertarik ajakan rayu para agen Damtour sehingga mereka secara senang hati menyerahkan sejumlah uang kepada perusahaan yang beralamat di Depok Jawa Barat ini. Dalam kurun waktu 2011 hingga 2018 tak kurang dari 200 jamaah tidak berhasil berangkat dengan nilai kerugian sejumlah 4 milyar rupiah!

Mengapa hal seperti ini berulang kali terjadi?
Dari sisi calon jamaah, mereka hanya tergiur “harga ekonomis” atau bundling penawaran menarik dari agen travel umrah yang mereka percayai untuk menangani keberangkatan umrah mereka. Mereka justru tak tahu, dengan membayar uang muka sekian juta tersebut, apakah mereka benar-benar akan pergi / tidak. Seketika sudah banyak jamaah yang terlanjur menyerahkan uang muka, kemudian dengan gapangnya pemilik travel membawa kabur uang calon jamaah umrah.
Dari sisi pengusaha travel umrah sendiri, ketiadaan sistem yang jelas dan teroganisir untuk manajemen data, keuangan, & layanan lainnya menyebabkan travel umrah bisa jadi lahan penyelewengan orang-orang yang tak amanah. Sistem yang tidak rapi juga membuka celah bagi karyaawan yang tidak loyal terhadap perusahaan untuk menyalahgunakan dana calon jamaah, sehingga walaupun owner usaha sendiri sudah berusaha untuk jujur, mereka bisa terkena dampaknya juga.

Sebenarnya, kasus penipuan semacam ini bisa dihindari dengan upaya mencari perusahaan travel umrah yang mempunyai sistem manajemen perusahaan yang baik & transparan. Hal ini kurang memungkinkan apabila perusahaan travel umrah masih menggunakan sistem manual, sebab jamaah tidak dapat mengetahui perkembangan keberangkatan umrah mereka secara realtime. Lebih susah lagi apabila jamaah yang mendaftar hanya tahu informasi & akses ke travel umrah hanya melalui personal dengan menghubungi nomor kontak agen (melalui whatsapp misalnya), mereka tak dapat mengecek sendiri ke kantor perwakilan agen travel umrah atau melalui website resmi travel umrah tersebut.
Berbeda jika bisnis biro umrah sudah menggunakan sistem manajemen yang baik, apalagi sudah berbasis website sehingga calon jamaah lebih percaya kepada perusahaan travel umrah yang Anda kelola. contohnya saja dari sisi pengurusan visa, pembayaran, & kepastian jadwal pemberangkatan.
apaila jamaah bisa mengecek secara langsung melalui web, maka mereka akan merasa tenang & nyaman menyerahkan dana & pengurusan kelengkapan untuk umrah. Manajemen secara profesional juga akan meningkatkan kepercayaan jamaah umrah, sehingga bisa jadi mereka akan menjadi agen pemasaran gratis bagi perusahaan Anda dengan testimoni kesenangan mereka.

Erahajj menawarkan solusi bagi usaha travel umrah Anda agar mampu menjadi agen travel umrah yang profesional dan amanah dengan mengelola semua data jamaah, sistem pembayaraan, sistem persediaan, layanan pengurusan visa, layanan pemesanan tiket transportasi & pemesanan kamar hotel, & sebagainya secara real time.
Jadi, pada saat pertama kali calon jamaah mendaftar, hingga kepulangannya, dapat dilihat progresnya dalam satu sistem aplikasi yang terintegrasi. Tentunya ini akan memudahkan Anda sebagai pengelola, juga memudahkan jamaah yang ingin mengetahui perkembangan umrah mereka. Sangat mudah, cepat, akurat dan juga hemat biaya.
Menjadi perusahaan yang amanah adalah tujuan dari semua perusahaan, seperti halnya cara berbisnis yang dicontohkan oleh Rasulullah. Berbisnis dengan profesionalisme akan menghasilkan keberkahan dalam berbisnis, bukan hanya sekedar keuntungan dan kerugian. Jadi, mulailah meraih kepercayaan pelanggan Anda dengan menyediakan layanan umrah dan haji yang profesional dengan menggunakan sistem aplikasi travel umrah yang profesional seperti Erahajj.