Dampak Digital Marketing yang Tidak Tepat pada Bisnis Travel Umrah - Apabila Anda sudah berkomitmen untuk mengembangkan pemasaran produk travel umrah Anda menggunakan jalur digital marketing, maka Anda perlu meningkatkan pengetahuan Anda di bidang ini.
Sebab, tanpa adanya informasi / ilmu yang memadai terkait digital marketing, salah-salah aktivitas pemasaran digital Anda malah bisa menghancurkan bisnis Anda.

Penerapan digital marketing yang tidak pas, akan berdampak pada penurunan penjualan, bahkan bisa merusak branding yang telah Anda bangun sekian lama. Tidak ingin, kan, mengalaminya?
Baca Juga : Strategi Membangun Brand Awareness Bagi Perusahaan Travel Umrah
Digital Marketing yang Tak Tepat
Berikut ini akan kami jabarkan berbagai macam penggunaan pemasaran digital yang tidak tepat, yang justru dapat membuat usaha Anda mengalami kebangkrutan.
Pemasaran Tak Sesuai Target Market
Saat membuat konten guna keperluan digital marketing, perusahaan Anda dituntut agar mengenali target market Anda terlebih dahulu. Anda bisa menyesuaikan konten apabila Anda tahu persis target market produkatau jasa yang Anda tawarkan.
Apabila Anda membidik pasar menengah atas, maka Anda perlu merancang konten ekslusif yang mampu menarik atensi sasaran market Anda. Anda bisa mencantumkan harga yang tinggi, asalkan ada manfaat yang ditawarkan.
Sebaliknya, jika Anda memiliki produk yang sesuai dengan pasar menengah ke bawah, Anda harus membuat iklan / promosi yang berbeda. Misal dengan memasang kata-kata seperti hemat, murah, hadiah, dan sebagainya.
Penawaran dan Permintaan Tak Sinkron
Anda harus paham mengenai hukum penawaran & permintaan, agar Anda tidak membuat penawaran produk yang permintaannya rendah. Usahakan apa yang Anda jual merupakan produk yang disukai oleh masyarakat.
Jika Anda mempunyai penawaran yang sangat baik, akan tetapi permintaannya tak ada contoh, harga terlalu mahal / objek wisatanya tak familiar di kalangan jamaah, maka Anda melakukan hal yang menguras waktu & biaya.
Sebaiknya, Anda kenali dulu selera pasar, baru Anda sediakan penawaran produk paket umrah yang sesuai dengan permintaan pasar.
Baca Juga : Menerapkan Metode Eksperiental Marketing Untuk Bisnis Travel Umrah
Kegagalan Branding Perusahaan
Jika Anda melaksanakan branding secara asal-asalan, Anda hanya akan menuai kegagalan mengenalkan perusahaan Anda pada masyarakat.
Semisal, tak konsisten dalam brand identity, memakai bahasa informal ke klien yang serius, mengubah-ubah diskon sesuka hati tanpa ada kepastian yang jelas, serta merekrut SDM yang tidak profesional sehingga nama perusahaan Anda dipertaruhkan.
Website Perusahaan Berantakan
Website bagaikan etalase toko yang memuat profil perusahaan & dagangan Anda. Anda tidak mungkin membiarkan etalase Anda dalam kondisi kacau, sementara calon jamaah Anda lalu lalang melihat etalase Anda tersebut.

Usahakan untuk menyusun website Anda dengan baik, gunakan tampilan yang sederhana, mudah dipahami konsumen, & rapi. Anda harus mau menginvestasikan sejumlah dana, waktu, dan tenaga untuk merancang tampilan website perusahaan yang bagus.
Baca Juga: Mengoptimalkan Konversi Penjualan Paket Umrah Via Website
Ketidaksesuaian Iklan dengan Landing Page
Seringkali, pemasar digital menggunakan iklan berbayar guna mendongkrak penjualan. Baik itu di FB Ads, IG Ads, Google Ads, dan media iklan lainnya di internet, biasanya diarahkan untuk mengunjungi landing page untuk meyakinkan pelanggan melalui copywriting untuk berujung closing penjualan.
Sayangnya, masih ada saja perusahaan travel umrah yang abai terhadap hal penting ini, yaitu ketidaksesuaian antara iklan yang dipasang dengan landing page tempat closing penjualan.
apabila Anda memasang iklan umrah hemat, ya tidak boleh tawarkan umrah plus-plus di landing page Anda. Sama saja Anda menjual produk bernilai jual tinggi kepada jamaah yang biayanya terbatas.
Akhirnya iklan Anda akan sia-sia, tidak berujung pada penjualan. Sayang sekali, bukan?
Rumit Saat Check Out
Nah, ini juga tak kalah penting. Sebagus apapun sebuah produk, seberminat apapun pelanggan terhadap produk yang Anda jual, akan tetapi untuk proses check out-nya dibuat rumit, maka Anda akan cepat kehilangan konsumen potensial.

Untungnya, saat ini ada sistem aplikasi khusus travel umrah yang memiliki fitur transaksi yang mudah dan user friendly. Jamaah yang akan membeli travel umrah hanya butuh 3 tahap mudah yang bisa membuat pengalaman pelanggan saat mendaftar umrah menjadi menyenangkan.
Budget Besar Hasil Tak Sebanding
Terakhir, saat menjalani digital marketing, sebenarnya Anda bisa menghemat banyak dana untuk beriklan. Dengan pasar yang begitu luas, Anda hanya membayar beberapa hal saja seperti berlangganan software khusus travel umrah dan iklan.
Namun, ada saja pebisnis travel umrah yang kurang berpengalaman yang masih mengeluarkan banyak dana-dana yang tidak perlu untuk digital marketing. Budget besar tersebut kadang tak menghasilkan penjualan yang besar, profit yang didapatkan pun tidak sepadan.
Solusi Digital Marketing Bagi Bisnis Travel Umrah
Kini saatnya Anda beralih pada solusi digital marketing bagi bisnis travel umrah Anda. Anda bisa berinvestasi cerdas dengan mengalokasikan dana hanya sekitar 500 ribu hingga 2 juta rupiah per bulan untuk membuat percepatan bisnis travel umrah Anda dengan berlangganan software Erahajj.
Nikmati kemudahan mengelola transaksi dan manajemen perusahaan travel umrah dengan Erahajj. Tak sampai di situ, kami juga sudah hadir versi mobile apps untuk kemudahan bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.