Cara Efisien Manajemen Persediaan Bagi Travel Umrah - Bagi perusahaan manufaktur, manajemen persediaan merupakan hal yang penting dan wajib untuk diurusi setiap hari. Mengelola stok barang yang sudah selesai diproduksi, menjadi tugas utama dan tentunya perusahaan menyediakan staff khusus untuk menanganinya.
Lain halnya dengan manajemen persediaan bagi perusahaan travel umrah. Bidang usaha travel umrah biasanya berfokus pada produk utama yang dipasarkan yakni paket umrah. Hal utama yang dijual merupakan jasa pelayanan umrah selama di tanah suci.

Sementara itu, persediaan barang keperluan umrah menjadi hal kesekian untuk diurus. Hal ini tidak sepenuhnya benar, sebab persediaan barang keperluan umrah yang akan diberikan kepada calon jamaah ialah unsur penting yang harus dipenuhi.
Baca Juga : Mengenal Seluk Beluk Inventory Pada Perusahan Travel Umroh
Jangan Sampai Kehabisan Stock!
Barang keperluan umrah bagi jamaah antara lain koper, tas, kain ihram, mukena, seragam umrah, id card, buku panduan, dan lainnya adalah barang-barang yang harus didapatkan jamaah sebelum melakukan pemberangkatan umrah. Bahkan, barang tersebut umumnya sudah diberikan saat jamaah melunasi pembayaran umrah.
Jika ada salah satu barang yang persediannya habis, hal tersebut bisa menyebabkan masalah dalam pengelolaan bisnis travel umrah. Anda tidak dapat memberikan pelayanan terbaik, karena ada kekurangan pemberian barang kelengkapan umrah bagi jamaah Anda.

Tentunya, kehabisan persediaan barang seperti ini wajar terjadi. Tetapi, bila terjadi terus menerus maka lama-kelamaan kepercayaan jamaah akan menurun, sebab merasa tidak dilayani dengan baik.
Akibatnya, jamaah harus membeli sendiri keperluan umrah tersebut, sedangkan jamaah lain sudah mendapatkannya. Jamaah akan merasa tidak diprioritaskan.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Umroh
Pantau Persediaan Anda
Masalah lainnya yang dapat muncul saat Anda mengabaikan pengelolaan persediaan adalah Anda akan kesulitan untuk mengecek jumlah barang yang ada, tidak dapat memantau barang yang hilang, mana yang perlu direstock mana yang tidak, dan hal lainnya.
Semisal, Anda masih punya persediaan kain ihram yang cukup, ternyata buku panduan Anda hampir habis. Anda justru memesan kain ihram yang cukup banyak, sementara buku panduan yang memerlukan waktu untuk proses produksi/cetaknya malah tidak Anda pesan.
Jadi, Anda seharusnya mengetahui jumlah persediaan yang ada melalui pencatatan yang baik. Selain itu, Anda juga harus ketahui secara real jumlah barang yang ada secara tepat. Kuncinya ada pada pencatatan yang rapi dan sistem yang mampu mengakomodir hal itu.
Baca Juga : 5 Pertimbangan Memilih Software Travel Umroh
Langkah Praktis Manajemen Persediaan Bagi Travel Umroh
Jika Anda ingin mengelola persediaan yang lebih rapi dan tersistem untuk travel umrah Anda, langkah pertama adalah dengan menggunakan sistem aplikasi khusus travel umrah yang lengkap dan saling terhubung.
Gunakan Sistem Aplikasi dengan Fitur Manajemen Persediaan/Inventory
Anda sekarang tidak perlu kesulitan mencatat persediaan secara manual di buku atau Microsoft Excel, karena saat ini sudah ada sistem pencatatan yang canggih pada software khusus travel umroh seperti Erahajj.
Sistem aplikasi travel umrah yang baik pasti mempunyai fitur manajemen persediaan (manajemen inventory) yang akan memudahkan Anda menginput data stock Anda, kemudian menampilkan jumlah stock realtime karena aktivitas transaksi Anda akan diintegrasikan dengan pencatatan persediaan.

Jadi, begitu ada barang persediaan keluar dari gudang, Anda bisa mengetahui jumlah stock sisanya. Hal ini sudah pasti menghemat waktu Anda daripada harus dicatat di excel dan baru diaudit akhir bulan misalnya. Sangat efisien dan tidak memakan waktu.
Order Sesuai Kebutuhan
Anda bisa menyesuaikan pemesanan barang yang harus restock atau memerlulan stok ulang dengan melihat data yang ada. Anda tidak perlu memesan barang yang masih menumpuk, dan bisa langsung restock barang yang hampir habis persediaannya.
Dengan demikian, Anda sudah mengurangi penumpukan barang di gudang akibat salah memesan barang yang sebetulnya stoknya masih banyak. Selain itu, gudang Anda akan lebih lega tanpa adanya tumpukan stok barang yang tidak diperlukan.
Cashflow Menjadi Lebih Lancar
Bila Anda dapat mengelola persediaan dengan benar, maka cashflow perusahaan Anda bisa lebih lancar. Tidak ada dana tunai yang terpakai untuk memesan barang dan berakhir pada tumpukan stok barang yang tidak diperlukan.

Hal ini berakibat pada kesehatan perusahaan Anda, sebab lancarnya cashflow ibarat aliran darah segar pada tubuh perusahaan Anda. sementara penumpukan stok adalah "penyakit" yang dapat menyumbat aliran darah di bisnis travel Anda.
Baca Juga : Tips Cerdas Kelola Cash Flow Usaha Travel Umroh
Nah, itulah beberapa cara untuk mengelola persediaan untuk travel umrah. Memang tidak terlalu vital ya, namun tetap harus dikelola dengan baik supaya bisnis Anda bisa menghasilkan profit cash, bukan profit yang larinya ke stok barang pendukung kebutuhan umrah.
Jika Anda ingin mencoba sistem aplikasi travel umrah yang dapat Anda gunakan untuk manajemen persediaan, hubungi Erahajj sekarang juga. Kami akan membantu Anda mengelola perusahaan travel umrah lebih efisien, hemat biaya, dan lebih profesional.